Berita

Kamis, 23 April 2020 - 14:35:38 WIB

Improvisasi, Langkah Awal Kemajuan.

Diposting oleh : Administrator

Kategori: Berita - Dibaca: 33 kali

Improvisasi, Langkah Awal Kemajuan.

     Sejak  awalnya, gambaran umum program yang dirancang oleh British Council dan PBNU adalah berkisar pada bahasan Education  Management. Mungkin ada semacam keprihatinan sebagian orang bahwa tradisi pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia terkesan masih sangat tradisional. Secara khusus keprihatinan ini tertuju pada sistem  manajemennya yang terkesan belum  banyak melakukan perubahan, kalau tidak mau disebut ketinggalan jaman. Hal ini terlepas dari kenyataan bahwa telah banyak tokoh masyarakat dalam berbagai lapisan lahir dari rahim pesantren tradisional.

Keprihatinan ini mendorong ide PBNU untuk melakukan kerjasama dengan British Council dengan menyelenggarakan sebuah training program bagi wakil pimpinan pondok pesantren. Program ini berupaya untuk memperbaiki manajemen pesantren dan jamiyyah NU masa depan, di samping menjalin hubungan ukhuwah islamiyyah dengan komunitas muslim inggris, serta studi banding  pesantren dengan berbagai institusi pendidikan modern yang sedang berkembang.

 Lokasi training dipusatkan di Markfield Institute of Higher Education (MIHE), sebuah  lembaga pendidikan tinggi islam yang menawarkan spesialisasi program magister dan doktor di bidang islamic studies dan perbankan dan ekonomi islam. Lembaga ini terletak di daerah pedesaan yang berjarak  lebih kurang 10 mil dari kota Leicester. Dia dikelola oleh Islamic Foundation, dan dibimbing para professional dari beberapa perguruan tinggi terkemuka, yang telah berpengalaman di bidang pendidikan, serta bekerjasama secara resmi dengan universitas negeri Loughborough, salah satu universitas papan atas di inggris.

           Kuliah dalam program ini disusun sedemikian padat, dengan empat sesi setiap hari, mulai pukul 9.45 sampai pukul 6 sore, lima hari dalam seminggu. Selain itu ada pula diskusi bersama pada pukul 7 malam, tiga kali seminggu. Padatnya jadwal ini membuat para kyai kyai muda cukup kewalahan, mengingat budaya tepat waktu kurang biasa dilakukan di dalam keseharian pesantren dan NU pada umumnya. Akibatnya selama satu dua hari peserta terkadang terlambat masuk.

Kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris, dengan materi pokok kepemimpinan dan manajemen, pola rekrutmen staf, dan pemasaran sekolah. Materi disampaikan oleh  dosen dosen senior yang cukup terkenal, diantaranya Dr. Robert Smith, Dr. Seeda Shah, Dr. Howard Stevenson, Dr. Jonathan Ivy dan lain lain. Mereka didatangkan dari Leicester University, salah satu universitas yang merupakan pusat pelatihan leadership dan management terkemuka di inggris. Beberapa materi lain terkait dengan hubungan antar ummat beragama, orientalisme, tantangan islam masa depan dan etika sekolah islam. Selain sesi di dalam kelas, ada juga kunjungan studi banding ke sekolah sekolah islam dan universitas terkenal di berbagai daerah, serta rekreasi di setiap hari sabtu sehingga suasana terasa cukup menyenangkan.

Kuliah manajemen dan kepemimpinan ini dapat membuka cakrawala baru bagi para kyai muda yang sehari hari bergelut di pesantren. Kemauan terus menerus akan  pembaharuan (improvement) dan pola  keterbukaan ternyata menjadi kata kunci kemajuan; dua hal yang selama ini termasuk hal jarang dilakukan kaum santri. Sementara itu esensi kepemimpinan mengingatkan mereka untuk berintropeksi terhadap sistem kepemimpinan sebagian pesantren saat ini yang cenderung  otoriter dan anti kritik. Ini disebabkan selama ini para pesantren cenderung berpijak pada konsep The Great Man; pemimpin itu dilahirkan (bahkan diwariskan). Sebaliknya, kepemimpinan itu adalah demokratis moderat yang berinpirasi dengan keahlian; bukan dengan kekuasaan, untuk memberdayakan orang orang lain, agar dapat bekerja bersama sama dalam sebuah tim kerja yang solid, dalam mencapai tujuan.

Peserta juga mendapat gambaran yang amat jelas mengenai sistem pendidikan yang berlaku di Negara Inggris, dari pendidikan dasar sampai universitas, secara teori dan kunjungan langsung ke lapangan. Kunjungan kami lakukan di berbagai sekolah islam dan non islam, diantaranya Islamia School di London, Al-Hijrah di Birmingham, K.D. School di Manchester dan sekolah islam lainnya.  Selain itu ada juga kunjungan dan diskusi dengan para professor dosen orientalisme di universitas Oxford yang amat terkenal, Pusat studi Islam di universitas Birmingham  dan Leicester University. Salah satu hal yang menarik adalah saat di mana semua peserta sempat merasakan duduk satu jam pelajaran di dalam kelas yang berbeda, mengikuti pelajaran bersama siswa A level ( setingkat SMU) di St. Queen Elizabeth College Leicester. Ini bermanfaat sebagai bahan studi perbandingan dan improvisasi untuk kemajuan pesantren masa depan.



Penulis :
Dr. KH. Ahmad Fahrur Rozi
Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 1 Bululawang



Administrator 23 April 2020 Dibaca: 33 kali

Komentar (0)

Belum ada komentar

Isi Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • Perjalanan Ke Detroit, Michigan

  • 3 Amalan yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meski Telah Meninggal Yaitu Sedekah Jariyah, Abak Yang Shal

  • Ro'an hari jumat

  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.

  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.

Statistik User

012509


Pengunjung hari ini : 15

Total pengunjung : 12509

Hits hari ini : 37

Total Hits : 77668

Pengunjung Online : 1


Polling

Jam belajar pondok enaknya jam berapa?

06.00

09.00

14.00

17.00



Lazis An-Nur

Annur 1 Lazis An-Nur

Jl. Diponegoro IV / 6 Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

081805178173 - 081336094512 - 085749544141

lazizannur@gmail.com

Rekening Donasi

BRI Syariah, No. Rek: 1045031583, a/n : LAZIS ANNUR

Bank BNI, No. Rek: 0814061436, a/n : LAZIS AN NUR

Ponpes An-Nur 1

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Jl. Diponegoro IV / 6

Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

(0341) 805610 - 833105

085733156999 - 085749544141 - 0818766807

annursatu@gmail.com




Follow

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Lazis Annur Lazis An-Nur