Berita

Jumat, 28 Agustus 2020 - 21:39:53 WIB

Istiqomah Mengaji Dikala Pandemi

Diposting oleh : Administrator

Kategori: Berita - Dibaca: 202 kali

Istiqomah Mengaji Dikala Pandemi

                                       Istiqomah Mengaji Dikala Pandemi

       Pondok Pesantren Annur Satu Bululawang, Malang Jawa Timur sudah kembali aktif dan para santri juga sudah kembali kepondok sejak kurang lebih dua bulan yang lalu. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan mentaati himbauan pemerintah agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan pesantren sekaligus upaya menjaga santri agar tetap dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pesantren ini memberikan layanan terbaik terkait fasilitas menjaga kesehatan untuk melindungi santri-santrinya dari serangan wabah Covid-19. Terbukti dilingkup pesantren sendiri, terdapat banyak tempat untuk mencuci tangan dilengkapi dengan sabun yang selalu sedia. Disamping itu, pelayanan untuk terus menjaga kekebalan imun tubuh para santri, pemberian jamu herbal seperti madu dan obat-obatan alami lainnya. Tidak ketinggalan pula gerakan menggunakan masker dan larangan bagi para santri untuk tidak keluar dari lingkungan pondok, merupakan ikhtiyar lahiriyyah yang sangat ditekankan demi terwujudnya kemaslahatan bersama.     

       Ditengah-tengah masa pandemi seperti ini, tentu didalam sebuah lembaga pendidikan terdapat berbagai macam kendala dan hambatan. Banyak sekolah-sekolah diluaran sana masih menggunakan sistem kelas Daring (dalam jaringan online). Sudah hampir dipastikan bahwasanya sekolah dengan menggunakan sistem online tersebut terbilang kurang efektif. Dilain sisi, Pesantren ini lebih memilih jalur dengan mengizinkan santri-santrinya untuk kembali kepondok dengan diawali Rapid Test dan serangkaian tehnis lainnya termasuk mekanisme masuknya para santri ke dalam pesantren.

        Terlepas dari ini semua, pemerintah sendiri juga sudah melegalkan istilah adaptasi kebiasaan baru atau biasa dikenal dengan tiga M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Dengan demikian, pesantren ini membuka kembali pendidikan sekolah formalnya baik tingkat MTS maupun SMK. Perlu diketahui bahwa pesantren yang diasuh oleh DR. KH. Ahmad Fahrur Rozi ini selalu mengistiqomahkan kegiatan keagamaan yang identik dengan mengaji dan belajar. Para santri benar-benar diajarkan ilmu agama dengan penuh istiqomah dan konsisten. Disamping dengan selalu ditekankan tata krama, sopan santun yang baik untuk bekal hidup mereka kelak kemudian hari. Melalui salah satu kutipan dawuhnya Pengasuh Pesantren tatkala mengisi ngaji kitab ”Mukhtar Al-Ahadits An-Nabawiyyah” pagi hari, yaitu “Kita niatkan masa-masa sekarang ini yakni masa pandemi ini dengan selalu mengaji dan Intidhor Al-Faroj (Menunggu dibukakannya celah-celah pintu kebaikan)”. Hal ini menjadi Jargon Hebat sekaligus merupakan langkah ampuh ikhtiyyar bathiniyyah yang sangat kuat terkhusus bagi para santri dan umumnya bagi khalayak umum yang seakan-akan ketika mendengar petuah emas Pak Kiai tersebut menjadi termotivasi guna menghadapi pandemi wabah Covid-19 yang sampai saat ini belum dinyatakan hilang dari permukaan bumi. Di pesantren ini pula, santri-santri dibiasakan untuk selalu berdzikir dan membaca wirid-wirid, seperti Rotib Al-Haddad, bersholawat Nariyyah dan juga untuk selalu melanggengkan mengaji Al-Qur’an. Penulis sendiri menyaksikan secara langsung betapa perhatiannya Pengasuh Pesantren sangat berperan aktif dan begitu peduli terhadap para santri, bukan hanya kegiatan mengaji setiap harinya yang sarat akan keistiqomahan, bahkan lebih dari itu, yang berkaitan dengan hal-hal positif lainnya. Semoga dengan terus mengikuti pengajian-pengajian yang bersifat keagamaan, dan juga selalu berdo’a yang tiada henti-hentinya, dengan memohon agar wabah pandemi covid-19 ini segera berakhir, dan para santri Annur Satu khususnya memperoleh keberkahan ilmu. Aamiin.

      



Administrator 28 Agustus 2020 Dibaca: 202 kali

Komentar (0)

Belum ada komentar

Isi Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • Perjalanan Ke Detroit, Michigan

  • 3 Amalan yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meski Telah Meninggal Yaitu Sedekah Jariyah, Abak Yang Shal

  • Ro'an hari jumat

  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.

Statistik User

022157


Pengunjung hari ini : 15

Total pengunjung : 22157

Hits hari ini : 43

Total Hits : 136350

Pengunjung Online : 1


Polling

Jam belajar pondok enaknya jam berapa?

06.00

09.00

14.00

17.00



Lazis An-Nur

Annur 1 Lazis An-Nur

Jl. Diponegoro IV / 6 Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

081805178173 - 081336094512 - 085749544141

lazizannur@gmail.com

Rekening Donasi

BRI Syariah, No. Rek: 1045031583, a/n : LAZIS ANNUR

Bank BNI, No. Rek: 0814061436, a/n : LAZIS AN NUR

Ponpes An-Nur 1

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Jl. Diponegoro IV / 6

Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

(0341) 805610 - 833105

085733156999 - 085749544141 - 0818766807

annursatu@gmail.com




Follow

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Lazis Annur Lazis An-Nur