Profil Ma'had Aly

Profil Ma'had Aly

Diposting tanggal : 24 Agustus 2021

Profil Ma'had Aly

Pondok Pesantren merupakan  pusat pendidikan Islam, dakwah dan pengabdian masyarakat yang tertua di Indonesia. Pondok pesantren diakui sebagai sistem dan lembaga pendidikan yang memiliki akar sejarah dengan ciri-cirinya yang khas. Keberadaannya sampai sekarang masih berdiri kokoh ditengah-tengah komunitas masyarakat. Hal ini terbukti dengan kenyataan bahwa pondok pesantren saat ini masih menampakkan keaslian, kebhinekaan dan kemandirian walaupun usianya setua proses Islamisasi di negeri ini.

Kondisi obyektif menunjukkan bahwa dekade terakhir ini mulai dirasakan ada ‘pergeseran’ peran dan fungsi pesantren. Peran dan fungsi pesantren sebagai kawah candradimuka orang yang rasikh fi ad-diin (ahli dalam pengetahuan agama) terutama yang terkait dengan norma-norma praktis (fiqh) semakin memudar. Hal ini disebabkan antara lain desakan gelombang modernisasi, globalisasi dan informasi yang berimplikasi kuat pada pergeseran orientasi hidup masyarakat. Minat masyarakat untuk mempelajari ilmu-ilmu agama semakin lemah. Kondisi bertambah krusial dengan banyaknya ulama yang menghadap Allah sebelum sempat menyampaikan keilmuan dan kesalehannya secara utuh kepada generasi penggantinya. Faktor inilah yang ditengarai menjadikan output pesantren dari waktu ke waktu mengalami degradasi, baik dalam amaliah, ilmiah maupun khuluqiyah.

Penurunan kualitas peran dan fungsi pesantren ini memunculkan kerisauan di kalangan ulama akan punahnya khazanah ilmu-ilmu keislaman. Jika persoalan ini tidak ditangani secara serius tentu sangat membahayakan masa depan umat Islam. Dari sinilah pentingnya segera dibentuk lembaga yang secara khusus intens mempersiapkan kader-kader ulama yang memiliki  integritas ilmiah, amaliah dan khuluqiyah yang mumpuni.  

Disamping itu, dorongan alumni dan masyarakat semakin kuat agar pesantren menfasilitasi layanan pendidikan jenjang perguruan tinggi untuk santri-santri yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat SLTA. Hal ini disebabkan alumni dan masyarakat ingin anak-anaknya untuk tetap berada di pesantren menimba ilmu lebih luas dan dalam. Orang tua zaman sekarang merasa lebih aman, tenang dan nyaman apabila anaknya berada di pesantren. Maka Pondok Pesantren An Nur 1 Bululawang Malang beri’tikad untuk mendirikan Ma’had Aly.

   

   Ma’had Aly An Nur 1 menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) sebagai tanda sebuah kominten dan kesiapan serta rencana pengembangan di masa yang akan datang.
   Konon, An Nur sebagai nama Pondok Pesantren An Nur merupakan singkatan dari nama Pendiri, yaitu KH. Anwar Nur. Adalah Bapak Djazuli Bahruddin salah seorang tokoh masyarakat Bululawang, sowan kepada kyai dan menyarankan agar pondok pesantren ini diberi nama “ An-Nur”. Kata “An-Nur” adalah sebuah singkatan yang diambil dari nama pendirinya. “An” singkatan dari “Anwar” yaitu nama Sang Kyai yang lengkapnya adalah Mohammad Anwar, tetapi lebih terkenal dalam panggilan sehari-harinya dengan “Anwar” saja. Sedangkan “Nur” singkatan dari nama orang tua Sang Kyai yang bernama “ Muhammad Nuruddin” yang lebih terkenal dengan sebutan “Kyai Nur”. Jadi “An-Nur” adalah singkatan dari “Anwar Nur”. Bahkan untuk selanjutnya Kyai Muhammad Anwar, lebih dikenal dengan sebutan “Kyai Anwar Nur” Alasan lain adalah, “An-Nur” itu berarti “cahaya”. Pondok Pesantren ini ibarat cahaya yang menerangi suram dan gelapnya alam Bululawang dan sekitarnya. Keberadaan pondok pesantren ini benar-benar menjadi penerang kebodohan yang sudah dirintis sejak awal oleh pendirinya sejak kehadirannya di kampung kaji dan menghidupkan mushalla Al-Murtadlo. Jadi  nama “An-Nur” bagi Pondok Pesantren ini sangat sesuai dengan cita-cita awalnya, dan dasar pendiriannya. Di samping itu di dalam kitab Suci Al Quran juga terdapat sebuah surat yang bernama Surat An-Nur. Surat An Nur terdiri atas 64 ayat, dan termasuk golongan surat-surat Madaniyah. Dinamai An Nur yang berarti Cahaya, diambil dari kata An Nur yang terdapat pada ayat ke 35. Dalam ayat ini, Allah s.w.t. menjelaskan tentang Nur Ilahi, yakni Al Quran yang mengandung petunjuk-petunjuk. Petunjuk-petunjuk Allah itu, merupakan cahaya yang terang benderang menerangi alam semesta.

       Penamaan Ma’had Aly ini dengan nama An Nur 1 merupakan tafa’ul nama pesantren yang berarti juga tafa’ul kepada Pendiri Pesantren. Diharapkan lembaga dan mahasantrinya nanti menjadi cahaya yang menerangi bangsa dan selalu jadi yang nomor satu.

       Ma’had Aly berdasarkan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Pancasila. Dengan dasar Islam  Ahlussunnah Wal Jama’ah dimaksudkan bahwa Ma’had Aly diadakan, diselenggrakan dan dikembangkan berangkat (point of depture) dari ajaran Islam, proses pengelolaannya secara islami dan menuju apa yang diidealkan oleh pendidikan yang Islami Ahlussunnah Wal Jama’ah. Dengan dasar Pancasila dimaksudkan bahwa Ma’had Aly diselenggarakan, dikembangkan dan diamalkan dalam wacana Pancasila sebagai landasan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga Indonesia.


VISI
Mencetak generasi yang ahli dalam bidang Al Quran dan Ilmu Al Quran.

MISI
1. Menyelenggarakan studi keislaman secara komprehensif melalui sistem perpaduan pendidikan pondok pesantren dan perguruan tinggi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Mengkaji Al Quran dan Ilmu Al Quran secara mendalam khususnya dalam kajian balaghah.
3. Mempersiapkan generasi ahli Al Quran dan Ilmu Al Quran yang dapat mewarisi dan mengembangkan tradisi ilmiyah dan amaliyyah sesuai perkembangan zaman.



Sekilas Info

  • Perjalanan Ke Detroit, Michigan

  • 3 Amalan yang Pahalanya Tidak Akan Putus Meski Telah Meninggal Yaitu Sedekah Jariyah, Abak Yang Shal

  • Ro'an hari jumat

  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.

Statistik User

022157


Pengunjung hari ini : 15

Total pengunjung : 22157

Hits hari ini : 38

Total Hits : 136345

Pengunjung Online : 1


Polling

Jam belajar pondok enaknya jam berapa?

06.00

09.00

14.00

17.00



Lazis An-Nur

Annur 1 Lazis An-Nur

Jl. Diponegoro IV / 6 Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

081805178173 - 081336094512 - 085749544141

lazizannur@gmail.com

Rekening Donasi

BRI Syariah, No. Rek: 1045031583, a/n : LAZIS ANNUR

Bank BNI, No. Rek: 0814061436, a/n : LAZIS AN NUR

Ponpes An-Nur 1

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Jl. Diponegoro IV / 6

Bululawang, Malang (65171)

Jawa Timur

(0341) 805610 - 833105

085733156999 - 085749544141 - 0818766807

annursatu@gmail.com




Follow

Annur 1 Pondok Pesantren An-Nur 1

Lazis Annur Lazis An-Nur